Perbandingan Ekosistem E-sport Indonesia Dengan Malaysia

2 min read

E-sport merupakan sebuah hobi atau sebuah profesi yang berkaitan dengan dunia elektronik. Hal ini dimaksudkan bahwa hobi ini merupakan sebuah ajang turnamen atau perlombaan yang dimainkan menggunakan game. Jadi hobi ini memang dimainkan dengan menggunakan game atau secara elektronik sehingga tidak menggunakan kekuatan fisik dalam berlomba. Banyak yang sudah bergabung dengan kumpulan E-sport ini untuk mengikuti pertandingan yang ada. Biasanya yang mengikuti pertandingan ini adalah seorang gamer yang memang mempunyai skill atau bakat hebat dalam memainkan game. Sebab nantinya dalam bermain akan membutuhkan keterampilan bermain dan juga strategi dalam bermain sehingga bisa memenangkan pertandingan.

Skala Perkembangan Industri E-sport

Perkembangan E-sport sudah sangat merajalela, adanya wadah ini sudah menjadi tempat positif bagi pencinta game. Karena dengan adanya wadah ini ternyata bisa mengasah kemampuan dalam bermain. Bukan hanya mengasah dalam bermain, otak juga akan berpikir bagaimana strategi yang harus dijalankan agar bisa menang dalam memainkan permainan yang ada. Namun tahukah Anda bahwa E-sport ini ternyata sudah berkembang pesat di seluruh Indonesia. Oleh karena itu, wadah ini mendapatkan apresiasi dan juga mendapatkan perizinan oleh pemerintah bahkan dibentuknya sebuah naungan untuk mendukung kegiatan yang berjalan.

Perlu yang kita ketahui adalah para gamer bukan hanya terdiri dari orang Indonesia saja, bahkan semua orang di seluruh dunia juga mempunyai bakat dan mempunyai hobi bahkan kemampuan dalam bermain game. Oleh karena itu, wadah ini juga mempunyai skala perkembangan industri hingga ke seluruh dunia. Maka tidak jarang, dengan adanya wadah bermain ini kita juga bisa menemukan pemain-pemain game yang lainnya di seluruh Indonesia. Salah satu negara yang menyediakan wadah bermain ini adalah negara Malaysia. Negara ini merupakan negara tetangga kita yaitu Indonesia. Sebagai negara tetangga dan masih satu rumpun, sering kali akan diadakan sebuah event pertandingan besar besaran dan akan diikuti oleh banyak peserta gamer.

Event Yang Diselenggarakan

Kita akan memberikan banyak informasi terkait dunia industri E-sport salah satunya adalah event-event yang diselenggarakan antar dua negara ini. Ketika Anda mengetahui event-event apa yang diselenggarakan maka Anda bisa menjadi salah satu peserta yang akan mengikuti turnamen tersebut. Inilah event yang akan sering diselenggarakan di dua negara yaitu Indonesia dan Malaysia adalah Grand Final M1 Champion 2019 yang diselenggarakan tanggal  15-17 November 2019 dan bertempat di Kuala Lumpur. Untuk bisa menonton event ini maka akan membutuhkan biaya masuk untuk menyaksikan turnamen yang berlangsung.

Di Malaysia sendiri harga tiket masuk dibanderol dengan harga sekitar 185 ribu untuk tiga malam. Namun dengan harga tiket segini banyak penonton yang masih datang untuk menonton. Bahkan pengunjung yang ada mencapai 18 ribu orang.

Sedangkan pada event yang diselenggarakan di Jakarta yaitu tepatnya pada acara Grand Final MPL ID S4 yang diselenggarakan pada tanggal 24-26 Oktober 2019 di Jakarta dengan biaya masuk untuk penonton yaitu 60 ribu untuk tiga malam. Namun yang terjadi adalah pengunjung yang ada tidak banyak. Tidak banyak penonton yang datang dalam turnamen ini yang memang berasal dari Indonesia. Padahal harga yang dibanderol terbilang sudah murah dan mudah dijangkau oleh kalangan masyarakat.

Perbandingan E-sport Indonesia dengan Malaysia

Melihat rangkuman di atas maka sudah bisa dilihat kesimpulan yang bisa kita peroleh. Namun akan lebih jelasnya lagi akan dijabarkan kembali apa perbandingan yang ada dari E-sport Indonesia dengan Malaysia :

  • Berbayar

Jujur saja, untuk negara Indonesia sangat melihat kembali uang yang dibayarkan untuk menonton sebuah turnamen. Namun jika dibandingkan dengan negara Malaysia yaitu negara tetangga malah masyarakat di sana akan sangat antusias walaupun harus merogoh kocek dengan nominal yang besar. Jika perbandingan dilihat dari segi berbayar maka Indonesia akan kalah saing dengan Malaysia dalam jumlah penonton.

  • Gratis atau free

Indonesia tetap mempunyai penonton yang antusias namun jika event ini diadakan secara gratis. Dengan begitu support atau dukungan yang diberikan oleh penonton Indonesia akan sangat besar. Lain halnya dengan masyarakat Malaysia, jika dengan berbayar saja akan antusias maka dengan metode gratis juga menjadi salah satu ajang yang berharga pula.

Dukungan Dari Pemerintah Untuk E-sport

Sekarang bagaimana dengan respons yang diberikan dari pemerintah atas event yang diselenggarakan dari e-sport. Tentunya pemerintah sangat mendukung adanya event yang diadakan oleh E-sport. Salah satu bentuk dukungan yang diberikan oleh pemerintah adalah dengan dibentuknya sebuah asosiasi dengan nama IeSPA (Indonesian e-Sport Association). Asosiasi bentuk sebagai bentuk dukungan pemerintah dalam industri E-sport.

Adanya asosiasi ini membantu sebagai sebuah wadah yang bisa digunakan untuk kelompok E-sport mengadakan event-event dengan skala nasional maupun internasional. Bahkan akan lebih mudah mendapatkan banyak sponsor untuk menjalankan event tersebut. Sudah ada dukungan oleh pemerintah maka akan banyak pemain gamer yang mengikutinya. Turnamen yang diadakan juga merupakan turnamen dengan skala yang benar-benar menjanjikan sebuah hadiah yang menarik.

Perkembangan industri E-sport

Ternyata perkembangan industri gamers ini sudah sangat pesat. Anda bisa menemukan berbagai macam kelompok gamers yang tersedia di seluruh Indonesia. Perkembangan industri ini tentunya didukung oleh beberapa faktor. faktor yang paling utama adalah adanya teknologi dengan begitu pertanian sangat berjalan lebih mudah sebab teknologi sudah sangat canggih. Aktor yang lainnya adalah adanya perkembangan permainan yang bisa dimainkan sebagai turnamen dalam setiap event. kemudian karena sudah adanya dukungan dari pemerintah maka industri ini sudah sangat gampang sekali untuk berkembang pesat. Terlebih memang banyak para gamers yang berada di Indonesia dan memberikan dukungannya terhadap industri ini.

Istirahat Penting Untuk Peserta E-sport

Anda merupakan peserta e-sport yang akan mengikuti perlombaan dalam turnamen yang diadakan oleh industri ini. Sebaiknya bagi Anda uang memang merupakan peserta maka Anda...
Dwi pertamasari
2 min read
error: Content is protected !!